Jumat, 10 Februari 2017

Explore Indonesia

1. Pulau Bali

       Terletak di sebelah timur Pulau Jawa, Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, terutama pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Pantai Kuta
 
        Pantai Kuta adalah tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pantainya yang indah, biaya yang murah, dan ombaknya yang cocok untuk peselancar pemula. Pantai Kuta juga terkenal dengan panorama matahari tenggelamnya yang sangat indah. Fakta unik dari Pantai Kuta adalah sebelum Pantai Kuta menjadi sebuah tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi seperti sekarang ini, Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan besar, pusat perdagangan di Bali. Dengan pasir putih dan laut birunya, dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang sangat lengkap, Pantai Kuta adalah primadona wisata Bali.

 

2. Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot

        Pura Tanah Lot adalah salah satu tempat wisata di Bali yang terkenal dengan keindahannya, terutama pada saat matahari terbenam. Pura Tanah Lot yang terdiri dari 2 buah pura merupakan pura tempat memuja dewa laut. Keunikan dari Pura Tanah Lot adalah pura ini berada di atas sebuah batu karang besar di pinggir laut. Pada saat air laut pasang, anda tidak dapat mendekat ke Pura Tanah Lot karena di sekitar batu karang penyangga Pura Tanah Lot akan digenangi air laut. Pada saat air surut anda dapat melihat beberapa ular laut jinak yang menurut penduduk setempat merupakan penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi ini anda juga dapat memegang ular suci yang jinak dan tidak berbahaya.


3. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul

        Danau Beratan Bedugul adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah pegunungan dengan suasana alam yang asri. Keunikan dari Danau Beratan Bedugul adalah keberadaan pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu terletak di pinggir Danau Beratan Bedugul dan merupakan salah satu daya tarik utama Danau Beratan Bedugul. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati permainan air dan menyewa perahu di Danau Beratan Bedugul.


4. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Pantai Lovina

      Pantai Lovina mungkin tidak terlalu sering terdengar di kalangan wisatawan. Pantai Lovina adalah salah satu tempat wisata di Bali yang paling saya sukai karena di Pantai Lovina kita dapat melihat lumba-lumba berenang dan meloncat di habitat aslinya. Terletak di Bali Utara dekat dengan Kota Singaraja, anda akan pergi ke tengah laut dan melihat lumba-lumba dengan menggunakan perahu nelayan. Lumba-lumba Pantai Lovina bermain di tepi pantai pada pagi hari, oleh karena itu biasanya wisatawan berangkat dari pinggir pantai mulai dari jam 6 pagi.


5. Monkey Forest

Sangeh
Sangeh

        Monkey Forest adalah tempat wisata di Bali yang akan membawa anda menyatu dengan alam. Terletak di Ubud, Bali, Monkey Forest adalah sebuah hutan yang dihuni oleh banyak kera liar. Kera-kera ini dianggap keramat oleh penduduk setempat sehingga tidak boleh diganggu dan dibiarkan hidup di hutan. Kera di Monkey Forest sangat menyukai makanan, mereka akan berusaha mendapatkan makanan yang anda bawa, walaupun makanan tersebut ada di dalam tas anda. Di tempat ini anda akan menyaksikan kehidupan ratusan kera yang unik dan menarik.

2. Jawa Timur

1. Gunung Bromo

gunung-bromo


            Gunung Bromo mungkin adalah tempat wisata paling terkenal di Jawa Timur. Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang membuatnya dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan oleh pemerintah propinsi Jawa Timur. Gunung Bromo sangat terkenal dengan lautan pasirnya yang sangat luas. Juga kawahnya yang tak kalah keren. Pemandangan kawah Gunung Bromo tidak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang punya hobi mendaki gunung.
Mereka yang tidak biasa mendaki pun tetap bisa menikmati keindahan kawah Bromo karna sudah disediakan tangga untuk menuju ke bibir bawah. Selain lautan pasir serta kawah, Gunung Bromo juga terkenal memiliki pemandangan sunrise yang menawan. Gunung ini punya tinggi sekitar 2.329 mdpl dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2. Gunung Semeru

ranu kumbolo

           Jika ada gunung yang paling terkenal di Indonesia, maka gunung itu adalah Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung yang sangat legendaris. Dari waktu ke waktu gunung ini selalu menjadi salah satu tujuan favorite para pendaki di Indonesia. Gunung Semeru sangat terkenal dengan danau Ranu Kumbolo yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Beberapa pendaki menjadikan Ranu Kumbolo sebagai tujuan akhir pendakian. Beberapa juga melanjutkan perjalanan sampai ke puncak. Keindahan Gunung Semeru telah memberi inspirasi banyak orang untuk menghasilkan karya-karya hebat. Termasuk band yang ngetop pada tahun 90-an hingga awal 2000-an, Dewa 19. Band ini punya sebuah lagu dengan judul Mahameru. Sebuah lagu tentang pendakian Gunung Semeru.

3. Pantai Balekambang

Pantai-Balekambang-Malang

          Orang-orang menjuluki pantai ini sebagai Tanah Lot nya Malang. Alasannya karna di tempat ini juga ada sebuah pura yang berada di sebuah pulau karang yang berjarak beberapa puluh meter dari bibir pantai. Pulau karang tersebur dipisahkan oleh sebuah jembatan. Pura ini juga masih aktif digunakan untuk bersembahyang umat Hindu. Pantai Balekambang sendiri merupakan salah satu wisata pantai unggulan di Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir kecoklatan dengan ombak yang cukup tinggi. Dari sekian banyak pantai yang ada di Malang, pantai ini adalah yang paling ramai. Selain Pantai Sendang Biru.

4. Kawah Ijen



blue fire ijen

          Banyuwangi menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Selain karna memang punya potensi, pemerintah Banyuwangi juga cukup gencar mempromisikan pariwisata yang ada di Banyuwangi melalui beberapa festival yang rutin diadakan setiap tahun
Salah satu tempat menarik yang bisa kita kunjungi di Banyuwangi adalah Kawah Ijen yang berada di Gunung Ijen. Kawah Ijen terkenal karna memiliki pemandangan unik dan langka berupa blue fire yang berasal dari cairan belerang. Belerang yang ada di Kawah Ijen ini ditambang secara tradisional oleh para penambang lokal. Fenomena blue fire ini konon hanya ada dua di dunia. Salah satunya adalah yang ada di Kawah Ijen. Pemandangan blue fire akan terlihat semakin indah pada dini hari

5. Pantai Pulau Merah

pantai pulau merah


          Salah satu objek wisata paling banyak di Banyuwangi adalah pantai. Mungkin karna lokasinya yang dekat dengan Bali sehingga Banyuwangi juga punya deretan pantai yang tidak kalah indah dengan yang ada di Bali. Salah satu pantai paling terkenal sekaligus paling indah di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan yang sangat indah. Di depannya ada sebuah pulau yang semakin mempercantik pemandangan. Pantai Pulau Merah memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sekitar 3 km. Deretan payung-payung lengkap dengan kursi santai akan kita jumpai di Pantai Pulau Merah. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi.
 

6. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura

          Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun paling megah di Pulau Jawa. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 200 meter ini juga merupakan air terjun paling tinggi yang ada tanah Jawa. Di Indonesia, tinggi air terjun ini berada di urutan kedua setelah Si Gura-gura di Sumatra Utara. Air Terjun Madakaripura berada di sebuah ceruk yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang meneteskan air di setiap bidangnya. Lokasi air terjun ini masuk wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bagian Probolinggo. Di sekitar air terjun ini terdapat sebuah goa yang dipercaya sebagai tempat bersemedi Patih Gajahmada, patih paling terkenal dalam sejarah Kerajaan Majapahit.

7. Pantai Tiga Warna


Pantai Tiga Warna Malang

            Kembali ke Malang. Semua orang tentu punya versinya sendiri-sendiri untuk menentukan sebuah tempat terindah. Namun, rasanya semua akan setuju untuk menyebut Pantai Tiga Warna sebagai pantai terindah di Malang. Dengan gradasi laut yang begitu menawan, pasir yang putih dan bersih serta ombak yang tenang, menjadikan Pantai Tiga Warna sangat layak untuk disebut sebagai pantai terindah di Malang. Namun, pantai ini tidak bisa dikunjungi begitu saja tanpa persiapan. Pantai Tiga Warna merupakan pantai yang masuk dalam kawasan perlindungan sehingga untuk ke sana harus melalui proses perijinan. Jumlah pengunjung pantai ini juga dibatasi. Birokrasi ini bertujuan untuk melindungi kelestarian Pantai Tiga Warna.


Lokasi Tempat Wisata Di Lombok


Ada beberapa tempat yang belum terlalu di explore dan secara fasilitas masih kurang memadai baik itu akses jalan atau hotel di sekitar lokasi dan tidak banyak pelaku peramuwisata menawarkan tempat tersebut, oleh karena itu ada baiknya Anda mengkonsultaikan sebelum memutuskan untuk mengunjungi namun keindahannya juga tak kalah dan bisa menjadi tantangan bagi Anda jika menyusurinya dan kami memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata di Lombok .

1. Pulau tak berpenghuni nan eksotis: Gili Kedis

Pernah menyaksikan film Cast Away yang berkisah tentang pria yang terdampar di sebuah pulau seorang diri? Anda bisa merasakannya langsung di Gili Kedis, pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di pesisir barat daya Pulau Lombok ini.

 1-1-Gili-Kedis-by-tubagusedo

Dibandingkan dengan Gili Trawangan, Gili Meno atau Gili Air, pulau yang satu ini tak terlalu populer. Oleh karena itu pengunjungnya pun belum terlalu banyak, sehingga rasanya seperti berada di pulau pribadi!


2. Hamparan padang savanna di pinggir tebing: Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Anda pasti akan bertanya-tanya apakah tempat seindah ini benar-benar ada di Indonesia?

2-1-Lingkoq-Datu-by-zoeraa_

Perpaduan hamparan padang savana yang membentang hijau, birunya Samudera Hindia yang tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan membuat Anda seolah-olah sedang berada di benua lain! 

Surga tersembunyi ini bisa Anda temukan di Kecamatan Jerowaru yang terkenal akan sejuta pesona wisata nan memukau. Untuk menuju ke sini Anda harus melalui ladang jagung dan bebatuan terjal. Namun semua usaha tersebut langsung terbayar lunas begitu melihat kemegahan alam yang ada di baliknya.

3. Keindahan panorama Gunung Rinjani dan hamparan sawah dari atas bukit: Bukit Pergasingan

Bisa jadi ini adalah pemandangan paling spektakuler yang akan Anda temukan di Lombok.

1-bukit-pengasingan-via-Dedy-sumarga

Petak-petak sawah dan kebun-kebun warga yang berwarna-warni dan dikelilingi deretan pegunungan tinggi, ditambah langit biru yang membentang amat sangat menyejukkan mata. 

Dari tempat yang kini telah menjadi taman wisata alam ini Anda bahkan dapat melihat kemegahan Gunung Rinjani.


Berdiri di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laut atau sekitar 673 meter dari dataran Sembalun, Bukit Pergasingan  bisa didaki selama 2 – 2,5 jam dan sering dijadikan tempat latihan sebelum mendaki Gunung Rinjani.

Bahkan sekarang bukit ini telah dimanfaatkan sebagai lokasi berbagai aktivitas menantang, seperti paralayang, sepeda gunung, dan lain sebagainya.


Kami sarankan Anda untuk sempatkan diri bermalam dan mendirikan tenda di sini supaya bisa menangkap panorama sunrise nan indah yang muncul dari balik Gunung Rinjani.

4. Serasa berada di planet lain: Pantai Semeti

Pernah menonton film Superman? Ya, suasana di sekitar pantai ini mirip sekilas mirip sekali dengan Planet Krypton?


Photo via ClimaMgta


Photo via wan_thelone, idanurlaili91

Formasi bebatuan dan karang di sekelilingnya meruncing dan berlapis-lapis layaknya dinding kristal yang terdapat di Panet Krypton. Itulah mengapa pantai ini juga dijuluki Pantai Krypton.


Photo via Abu Ihsan al Atsary

Bahkan ada beberapa formasi karang yang bentuknya menyerupai piramida yang mencuat dari permukaan air laut.


Photo via wonderfullombok

Jalur menuju ke sini cukup terjal dan berliku, jadi kenakanlah alas kaki anti selip, karena Anda juga harus melewati tebing karang setinggi 20 meter.


 Dan di balik tebing karang itulah fenomena alam Pantai Semeti yang lain daripada yang lain berada.

5. Bak mahakarya seni alami: Air Terjun Mangku Sakti

Ibarat pahatan indah karya maestro ternama, struktur dan formasi bebatuan yang ada di air terjun ini benar-benar mengesankan.


Photo via Dominiquediyose

Formasi unik menyerupai ngarai tersebut terbentuk secara alami akibat aliran air yang terus-menerus melewatinya.



Air yang berhulu di Danau Segara Anak (Gunung Rinjani) tersebut tampak sedikit keruh seperti susu karena kandungan belerang yang diyakini ampuh menyembuhkan berbagai gangguan kulit.

mangku-sakti-2-via-simaun_

Photo via simaun_

 

6. Tirai air nan indah: Air Terjun Benang Kelambu

Sesuai namanya, air terjun ini memang unik dan lain daripada air terjun lain umum Anda jumpai. Aliran air yang jatuh dari ketinggian tebing tidak langsung terhempas ke bawah, melainkan melewati celah-celah tanaman merambat yang tumbuh lebat di tebing sehingga tampak bagai kelambu atau tirai yang menggantung di udara.


Photo via fakruljamil

Jalan menuju air terjun ini memang sudah beraspal, namun sayang kondisinya kurang bagus. Sepanjang perjalanan Anda akan melalui jalan pedesaan yang sedikit berliku dan naik turun dengan hamparan sawah di kiri kanan.


Photo via Prince Dastan

Sebelum tiba di lokasi air terjun yang airnya bersumber dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani ini Anda bakal memasuki kawasan perkebunan kopi dan coklat dengan udara pegunungan yang sejuk.


Photo via amelianalar


Photo via lembahputih

Konon, menurut cerita yang diyakini warga setempat, jika mandi di air terjun ini Anda bisa terbebas dari segala macam penyakit dan juga awet muda!


Puas dari sini, jangan langsung pulang. Anda bisa mampir sejenak ke Air Terjun Benang Stokel yang berjarak 500 meter atau sekitar 30 menit perjalanan.

 

7. Permata di tengah hutan: Air Terjun Tiu Kelep

Untuk menemukan hal yang indah-indah biasanya perlu perjuangan, begitupun dengan air terjun yang letaknya cukup terpencil dan tersembunyi ini.


Photo via pagandance.de

Jika ingin berkunjung ke Air Terjun Tiu Kelep, setidaknya Anda perlu meluangkan waktu ekstra karena jaraknya sekitar 3 jam dari Kota Mataram.


Photo via Wayan-Premananda

Untuk mencapai air terjun setinggi 45 meter ini Anda harus melewati hutan lebat berisi pohon-pohon besar. Oleh sebab itu, amat disarankan untuk menggunakan jasa pemandu lokal agar tak tersesat.


Photo via azerilrazak

Dalam perjalanan, Anda akan menaiki tangga dan juga jembatan beton di atas tebing tinggi yang begitu mendebarkan. Awas, perhatikan langkah saat menyeberanginya, karena pegangan hanya ada di satu sisi dan dipenuhi lumut yang licin!


Kolam di dasar air terjun ini sangat jernih dan begitu dingin. Sangat menggoda untuk direnangi. Konon, sama seperti Air Terjun Benang Kelambu, mandi di sini juga bisa bikin awet muda.

mungkin cukup ini dulu ya info yang saya berikan... Tunggu info selanjutnya.

see you next artikel...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar